Headlines News :
Home » » tes formatif

tes formatif

Written By Unknown on Senin, 14 November 2011 | Senin, November 14, 2011


TES FORMATIF 1 MODUL 5
  1. Tujuan dari program pembentukan perilaku adalah mempersiapkan anak….A sedini mungkin untuk mengembangkan sikap dan perilaku yang didasari oleh nilai-nilai moral dan agama.
  2. Di bawah ini merupakan kompetensi belajar yang ingin dicapai pada aspek pengembangan moral dan nilai-nilai agama, kecuali….B kemampuan mengembangkan bakat.
  3. Ruang lingkup indicator pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan berdasarkan materi inti menu pembelajaran anak usia dini untuk usia 3-4 tahun adalah….c mengikuti bacaan doa dengan lengkap sebelum melakukan kegiatan.
  4. Sesuai dengan materi inti pembelajaran anak usia dini, dapat melakukan gerakan ibadah bias dijadikan indicator dalam pengembangan moral dan nilai-nilai agama pada anak usia….C 3-4 tahun.
  5. Membantu pekerjaan ringan orang dewasa berdasarkan materi inti pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan dalam usaha pengembangan nilai moral dan agama mulai usia….4 tahun.
  6. Di bawah ini adalah hal-hal yang harus disiapkan dalam menyusun perencanaan belajar pengembangan nilainilai moral dan agama kecuali….D pemberian hadiah.
  7. Beberapa  contoh media pendukung dalam penyusunan perencanaan belajar pengembangan nilai-nilai moral dan agama adalah hal-hal di bawah ini, kecuali….d mainan lego/puzzle.
  8. Materi pembentukan perilaku melalui pembiasaan yang terwujud dalam kegiatan sehari-hari meliputi….C meningkatkan kecerdasan anak.
  9. Hal ini merupakan pokok-pokok atau ruang lingkup materi dalam pembentukan perilaku anak kecuali….B mampu menjawab semua pertanyaan orang dewasa.
  10. Di bawah ini merupakan langkah-langkah penyusunan kegiatan belajar mengajar dalam pengembangan nilai-nilai moral agama, kecuali menentukan….D guru pendamping.





TES FORMATIF 2 MODUL 5
  1. Salah satu hal yang dilakukan orang tua dan guru untuk membiasakan perilaku hidup tertib dan teratur adalah….A mengajak anak untuk bercerita /melihat gambar tentang hidup tertib dan teratur.
  2. Kebiasaan mencuci tangan dapat dijadikan sebagai media dalam upaya penanaman kebiasaan dalam hal….C menjelaskan tentang pentingnya mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
  3. Untuk meperkenalkan tata tertib lalu lintas pada anak TK hal yang dapat dilakukan guru atau orang tua adalah seperti di bawah ini kecuali….C selalu mengajak jalan-jalan.
  4. Hal yang dapat dilakukan guru dan orang tua utnuk membiasakan perilaku anak agar dapat bersosialisasi dengan baik adalah….. C menekankan bahwa mengucapkan salam kepada orang tua dan guru maupun teman adalah bagian dari sopan santun.
  5. Untuk memunculkan sikap tenggang rasa terhadap sesama guru dan orang tua dapat melakukan hal sebagai berikut….A meminta anak untuk tida menjauhi anak yang cacat.
  6. Beberapa pendekatan yang dapat dilakukan guru dan orang tua untuk membiasakan perilaku menolong orang lain adalah hah-hal berikut kecuali….D menyuruh anak mencuci tangan sebelum makan.
  7. Berikut adalah pendekatan yang dapat dilakukan guru dan orang tua untuk menumbuhkan sikap bertanggung jawab pada diri anak, kecuali….D meminjamkan mainan pada orang lain.
  8. Berikut adalah pendekatan yang dapat dilakukan guru untuk  menanamkan sikap anak agar berani melakukan kebaikan kecuali….D membiasakan anak untuk memberekan maninannya setelah digunakan.
  9. Untuk menanamkan sikap jujur dalam kehidupan anak, guru dan orang tua dapat dilakukan hal-hal berikut , kecuali….D memberikan hukuman langsung secara fisik.
  10. Gambar bermain api dapat digunakan dalam upaya pendekatan terhadap anak menumbuhkan sikap….C berhati0hati dalam hidup.

TES FORMATIF 1 MODUL 6
  1. Di bawah ini adalah pernyataan yang menunjukan pengertian dan penilaian kecuali….D suatu proses untuk mendapatkan data.
  2. Sifat dari penilaian adalah….B kualitatif.
  3. Yang bukan merupakan fungsi penilaian adalah….B mengukur tingkat kecerdasan.
  4. Yang merupakan prinsip penilaian adalah….A berkesinambungan.
  5. Yang dimaksud dengan prinsip mendidik dalam penilaian adalah….D hasil penilaian dapat digunakan untuk membina dan memberikan dorongan kepada semua anak dalam meningkatkan hasil belajar.
  6. Penilaian dilakukan secara berencana, bertahap dan terus menerus untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan hasil belajar anak didik sebagai hasil kegiatan belajar mengajar, hal ini sesuai dengan prinsip penilaian yaitu….B berkesinambungan.
  7. Hal yang harus diperhatikan dalam menentukan alat penilaian adalah….A kondisi dan karakter anak.
  8. Di bawah ini adalah alat penilaian yang mendekati prinsip kesesuaian dengan anak TK kecuali….C tes formatif.
  9. Yang dimaksud dengan pencatatan anekdot yaitu….C kumpulan catatan tentang sikap dan perilaku anak dalam situasi-situasi tertentu.
  10. Aspek-aspek yang dapat dinilai dalam pelaksanaan pertanyaan lisan adalah….A proses berfikir anak dalam memecahkan suatu masalah.










TES FORMATIF 2 MODUL 6
  1. Hal yang diharapkan dalam penggunaan metode bercakap-cakap dalam kegiatan belajar mengajar adalah….A meningkatkan keberanian berbiacara anak.
  2. Ukuran pencapaian hasil belajar melalui metode bercakap-cakap pada anak TK adalah anak….C lebih berani untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, keinginan dan sikap dalam lingkup aspek social.
  3. Untuk mengenal persamaan dan perbedaan ungkapan pikiran, perasaan, keinginan dan sikap anak dalam lingkup pengembangan aspek kognitif dan emosi anak dalam kegiatan belajar mengajar guru dapat menggunakan metode….B bercakap-cakap/bercerita.
  4. Kriteria yang dapat diterapkan dalam penilaian kegiatan belajar mengajar yang menerapkan metode bermain peran adalah….A seringnya anak menanggapi secara benar pernyataan dan penjelasan dalam kaitan pemahaman nilai dan norma.
  5. Hal yang diterapkan dapat dikuasai anak pada akhir kegiatan bercerita dengan tehnik bertanya adalah….C dapat memberi petunjuk seberapa besar perhatian dan tanggapan anak terhadap isi cerita.
  6. Manfaat penilaian dalam berbagai pendekatan atau metode dalam kegiatan belajar mengajar bagi guru adalah….A mendapatkan umpan balik tentang kualitas keberhasilan dalam kegiatan anak yang diarahkan untuk pengembangan perilaku moralitas secara keseluruhan.
  7. Tolak ukur atau criteria penilaian tentang keberanian anak untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, keinginan dan sikap dalam metode bercakap-cakap adalah seringnya anak….A berbicara dalampercakapan dan kebenaran ungkapannya.
  8. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam menanamkan nilai dan norma kehidupan yang akan dihadapi anak adalah….D dramatisasi.
  9. Di bawah ini adalah tujuan rancangan kegiatan pembelajaran dengan metode bercerita yang berkaitan dengan pengembangan moral anak adalah….C menanamkan kebiasaan baik anak.
  10. Manfaat lain diadakannya penilaian dalam penggunaan metode tertentu adalah….B dapat menggunakan hasil penelitian tersebut dalam rangka mengadakan perbaikan dan peningkatan kualitas metode tersebut.


TES FORRMATIF 1 MODUL 7
  1. Menanamkan nilai-nilai agama pada anak merupakan kewajiban dari….D orang tua dan guru.
  2. Waktu yang tepat untuk mengajarkan nilai keagamaan adalah sejak….D lahir.
  3. Yang menjadi alasan dasar secara fisolofis bahwa manusia dengan akal sehatnya tetap membutuhkan ajaran agama dalam kehidupannya yaitu….A keterbatasan manusia.
  4. Bangsa Indonesia secara nyata bersalfasah ke Ketuhanan Yang Maha Esa yang tertuang dalam….A sila 1 dari pancasila.
  5. Tujuan pendidikan nasional menurut Undang-undang nasional menurut Undang-undang system pendidikan nasioanal nomor 20 tahun 2003 Bab II pasal 3 adalah….C nerkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  6. Fungsi pendidikan keagamaan dalam system pendidikan nasional itu diarahkan untuk….B mempersiapkan peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dan atau menjadi ahli.
  7. Saat ini banyak hal yang berkembang tentang pola kehidupan yang mengarah pada dekadensi moral dan agama. Di bawah ini merupakan faktor yang turut mempengaruhi munculnya hal tersebut di atas kecuali….D orang tua dan pendidik merasa bertanggung jawab dengan berkembangnya nilai moral dan agama anak.
  8. Faktor yang mendukung keberadaan pendidikan TK yang sangat strategis dalam menumbuhkan jiwa keagamaan adalah sebagai berikut, kecuali anak TK….D mudah dibentuk sesuai dengan keinginan pendidik.
  9. Hal yang harus dipupuk melalui jalur pendidikan informal maupun formal agar anak terbiasa dengan aturan kehidupan yang dilandasi ajaran norma dan nilai agama adalah….A kesadaran akan keterbatasan dan ketidak berdayaan manusia.
  10. Fungsi pendidikan nasional menurut undang-undang system pendidikan nasional adalah….A mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.


TES FORMATIF 2 MODUL 7
  1. Salah satu dari akibat peendidikan yang hanya mengarah kepada perasaan potensi akedemik belaka, namun sangat minim dalam pendidikan keagamaan adalah….D anak mudah terpengaruhdan menyimpang dari norma agama.
  2. Hal yang dapat mempeharuhi timbulnya pola pendidikan yang mengarah pada penguasaan potensi akademik belaka adalah sebagai berikut kecuali….D adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Aspek penunjang esensial dalam kehidupan manusia adalah aspek….D keluarga.
  4. Di bawah ini tertulis langkah-langkah untuk mewujudkan masyarakat pembelajar baru kecuali….B menciptakan pendidikan bagi semua umur.
  5. Fungsi pendidikan di TK adalah fungsi….C adapsi pengembangan dan bermain.
  6. Peranan pendidikan anak usia prasekolah dalam rangka mengembangkan potensi yang dimiliki anak, pernyataan tersebut sesuai dengan fungsi pendidikan di TK yaitu fungsi….A pengembangan.
  7. Pesan-pesan moral dan sikap keagamaan harus diperagakan secara bersama-sama dilakukan oleh anak sesuai dengan prinsip….A peragaan.
  8. Dalam usaha mengembangkan nilai keagamaan kepada anak usia TK guru harus banyak menyajikan materi-materi yang langsung dapat dilihat dan diamati. Hal ini sesuai dengan prinsip….D pengamatan.
  9. Yang dimaksud dengan prinsip otoaktivitas kegiatan pembelajaran anak usia TK adalah….A anak menunjukan keaktifannya yang tumbuh atas dorongan dari dalam dirinya sendiri.
  10. Target yang diharapkan dalam mengembangkan nilai-nilai agama pada anak TK adalah mampu….C mewarnai pertumbuhan dan perkembangan anak dengan nilai-nilai keagamaan.







TES FORMATIF 1 MODUL 8
  1. Aspek yang penting untuk diperhatikan dalam menetapkan tujuan penanaman nilai-nilai keagamaan pada anak usia TK adalah….A usia.
  2. Tujuan pengembangan kehidupan beragama bagi anak TK adalah….B menanamkan benih-benih keimanan, ketaqwaan sedini mungkin dalam kehidupan anak seiring dengan perkembangan kehidupan jasmani dan rohani sesuai dengan tingkat perkembangannya.
  3. Kegiatan yang dapat membantu mengembangkan pemahaman nilai-nilai agama pada anak usia TK yaitu….A melibatkan anak dalam upacara kagamaan.
  4. Ruang lingkup pengembangan moral dan nilai-nilai agama menurut kurikulum berbasis kompetensi adalah….A pengenalan keimanan perilaku beragama dan perilaku pada sesame makhluk Tuhan.
  5. Target dan kompetensi dalam pengembangan moral dan nilai-nilai agama pada usia anak-anak diharapkan mudah ditanamkan apabila pendidik mampu….A mewarnai setiap aktifitas kehidupan anak dengan nuansa dan nilai-nilai agama.
  6. Peran guru dalam mengembangkan potensi rohani anak usia TK adalah….A membekali kepribadiannya agar terwarnai dengan ajaran agama.
  7. Fenomena sehari-hari yang mampu menumbuhkan nilai-nilai keagamaan anak seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak adalah anak….A sering meniru apa yang dilihatnya tentang kegiatan keagamaan.
  8. Pentingnya penanaman nilai-nilai agama pada anak usia TK adalah anak….
    1. Belum mngerti ajaran agama.
    2. Masih membutuhkan bantuan orang lain.
    3. Adalah makhluk yang membawa fitrah keagamaan.
  9. Akibat yang ditimbulkan apabila nilai-nilai keagamaan /potensi rohani anak tidak dikembangkan secara maksimal diantaranya anak….
    1. Tumbuh liar dan tidak terkendali.
    2. Tidak memahami makna dari sang pencipta.
    3. Akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan tidak seimbang.
  10. Tanda-tanda munculnya nilai-nilai keagamaan pada usia TK diantaranta adalah….
    1. Mulai bertanya tentang hakekat kehidupan dan penciptanya.
    2. Bersikap antusias ketika mendapat informasi baru
    3. Dapat menirukan kegiatan beragama.













3.  Rencana pembelajaran yang merupakan kajian analisis isi GBPKB yang diterjemahkan
     dalam bentuk format pengelompokan kemampuan dasar yang dihubungkan dengan   
     tema-tema yang harus diajarkan kepada anak disebut…..C satuan kegiatan mingguan.
4.  Pernyatan dibawah ini merupakan langkah-langkah dalam rangka membuat perencanaan
     SKM kecuali….D menghitung waktu yang dibutuhkan dalam satu tema.
5.  Berdasarkan standar kebijakan nasional dsurasi pelasanaan kegiatan belajar mengajar di 
     TK setiap hari berkisar antara….A 2,5 jam – 3 jam.
6.  Unsur-unsur yang dijabarkan oleh guru dalam pembuatan SKH adalah….C media dan  
     metode yang akan diterapkan.
7.  Kegiatan dibawah ini termasuk dalam perencanaan pembelajaran di TK kecuali…C
     Kegiatan khusus
8.  Sifat dari kegiatan pembukuan dalam kegiatan harian di TK adalah…..B pemanasan dan 
     klasikal.
9.  Kegiatan mengucapkan ikrar,doa,dan salam dalam pengembangan nilai-nilai agama 
     Merupakan entuk kegiatan…..A pembukaan.                                                                                                       
10.Sifat dari kegiatan inti pada kegiatan harian dalam pengembangan nilai-nilai agama
     anak TK adalah…..C mengacu pada pembentukan kebiasaan bekerja dan membutuhkan
      konsentrasi tinggi.


















TES FORMATIF 1 MODUL 9
  1. Program kegiatan dalam rangka pembentukan akhlak/perilaku pada anak usia TK meliputi….A disiplin diri.
  2. Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakter anak TK dalam pengembangkan nilai-nilai agama yaitu pendekatan pembelajaran….B terpadu.
  3. Unsur yang mendukung tercapainya keberhasilan penbentukan kepribadian anak agar mampu mewarnai dengan nilai-nilai agama adalah…A keteladan orang tua dan guru.
  4. Kegiatan dibawah ini merupakan kegiatan rutin dalam pengembangan nilai-nilai agama anak TK kecuali membiasakan anak untuk ….D meminjam mainan teman.
  5. Peryataan yang benar tentang kegiatan khusus dalam pengembangan materi nilai-nilai agama yang disisipkan melalui pengembangan bidang kemampuan dasar yang lainnya.
  6. kegiatan dibawah ini yang termasuk kegiatan khusus dalam pengembangan nilai-nilai agama di TK yaitu…A berkunjung ketempat ibadah.
  7. Kegiatan hafalan surat-surat pendek dan hafalan doa wudhu pada kegiatan belajar di TK merupakan kegiatan pengembangan nilai-nilai pengembangan yang bersifat…C khusus.
  8. Di bawah ini adalah strategi pembelajaran yang perlukan dalam rangka tercapinya keberhasilan pembentukan kepribadian anak agar mampu mewarnai dengan nilai agama kecuali program kegiatan……D temporer.
  9. Berikut ini adalah alas an suatu kegiatan di TK tidak perlu dimasukan kedalam program kegiatan khusus kecuali ….D guru yang ada menghendaki.
  10. Yang tidak termasuk tujuan diadakannya program kegiatan khusus adalah agar anak TK…D mempunyai tambahan kegiatan.







TES FORMATIF 1 MODUL 8
  1. Empat pilar proses perkembangan yang sangat diperlukan bagi terlaksananya dan tercapinya tujuan pendidikan secara umum yaitu…

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Entri Populer

 
█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌
Cyber4rt 2012 | SomeRight Reserved Copyright © 2011. bumiayu - All Rights Reserved
Template Modified by Hack4rt | Novalbintangs